Apa Ada Yang Namanya Super Mom

Image: pinterest

Apa ada yang namanya Super Mom?

Cucian beres, masak makanan 4 sehat 5 sempurna, setrika baju sendiri, rumah rapih dan spotless tanpa debu, tapi penampilannya masih kelihatan seperti keluar dari salon. Dan, masih perlakukan anak penuh cinta. Tanpa ART.

Kalau seperti ini, saya jadi kebayang Stepford Wives, yaitu istri-istri yang pesolek tapi mengerjakan semua pekerjaan rumah dan bisa memanjakan suami. Tentu saja kalau di film, Stepford Wives ternyata bukan benar-benar ‘istri’. Menurut saya sih, film itu mengolok-olok pekerjaan ibu rumah tangga. 

Tapi ada nggak ya, seorang Super Mom?

Kalau saya, ada hari-hari dimana saya merasa seperti Super Mom. Dari bangun tidur mood-nya baik, pekerjaan rumah rampung dan bisa masak makanan untuk suami dan anak. Rumah juga nggak berantakan. Tapi ada hari-hari dimana saya merasa berantakan. Rumah ikut jadi kerasa kacau. Anak rewel. Dan, adaaa aja yang bikin mau ‘meledak’.

Kadang kala kita sudah pikirkan sedetil-detilnya manajemen rumah dan merawat anak, tapi ada aja yang tak terduga. Namanya anak, namanya hidup. Ini bukan game manajemen waktu macam Diner Dash yang punya peringatan intrik game sebelum kita main. Juga, tak ada limit waktu, habis itu bebas ngapain aja.

Iya, pekerjaan istri dan Ibu terutama itu berjalan 24 jam. Kalau seorang Mom bisa menaklukkan prioritasnya, Super Mom bisa menaklukkan kesempurnaan dalam tanggung jawabnya. Plus masih cantik aja. Dan pluuus, masih kalem tanpa emosi.

Ah, masa sih ada? Mungkin cuma dalam film. Atau si Super Mom punya beberapa asisten rumah tangga. Atau, dia minum obat penenang?

Kalau saya, nggak pernah mikir muluk jadi Super Mom. Jadi perfeksionis pernah, tapi akhirnya malah menyiksa diri sendiri kalau target tak tercapai. Cukuplah, jadi seorang Mom.

Yang penting anak terurus sehat, suami juga baik-baik aja, rumah nggak berantakan seperti kapal pecah. Sesuai juga dengan agama saya apa-apa yang saya lakukan. Tidak usah ribet pikirkan omongan orang kalau ‘ininya ngga diurus’ atau ‘itunya kok amburadul banget’. Saya bukan istri politisi yang harus sempurna. Saya manusia. 

Lagipula, kesempurnaan bukan milik manusia. Tapi Tuhan. Yang penting, kita sudah melakukan yang terbaik. Yang penting, prioritas terpenuhi. Yang penting seimbang. Tidak ada yang berat sebelah.

Ya, begitu. Menurut ibu-ibu…?

3 responses to “Apa Ada Yang Namanya Super Mom

  1. Pingback: Apa Ada Yang Namanya Super Mom·

Leave a Reply

