Ayam Sambal Matah Bali Si Penyelamat

Kira-kira 1 tahun lalu, suami saya sakit dan tak bisa makan nasi. Bingung, lalu saya sarankan makan roti gandum. Sebelumnya sih coba makan oatmeal, tapi ia tidak suka. Beli rotinya sampai dua atau tiga bungkus gara-gara juga buat istrinya ngemil, hihihi..maklum berbadan dua.

Kalau biasanya makan roti itu untuk nyemil atau sarapan. Tapi sebagai makanan utama, saya agak puyeng mikirin menu protein yang harus saya masak. Kalau bikin daging burger, saya mesti ke supermarket lagi. Yang instan juga kurang sehat. 

Berhubung saya juga lagi hamil trimester kedua dan nggak mau ribet, saya coba cari menu yang juga sekalian bisa dimakan dengan nasi dan dengan bahan yang gampang dicari. Yang ada dipikiran sih, ayam yang di suwir-suwir. 

Akhirnya nemu resep ayam sambal matah bali di internet. Caranya mirip dengan bikin bumbu balado, hanya ditambah terasi dan dicampur dengan ayam yang disuwir-suwir. Perfect banget resep ini, karena suami suka menu pedas. Bayi dalam perut juga bikin saya jadi doyan pedas, padahal aslinya saya nggak segitunya lho.

Saking sedapnya menu makanan ini, sampai saya makan lagi malam-malam. Biasanya saya ngemil sebelum tidur waktu hamil. Trus rasanya enaaak bener deh. Pedasnya soalnya bikin selera makan.

Alhamdulillah, sukses bikin menu yang bisa untuk dipadukan dengan nasi dan roti. Kami terus makan menu itu  bahkan sampai suami saya sudah bisa makan nasi lagi. Mungkin ini bisa disebut roti isi ayam sambal matah Bali, alternatif buat kamu yang bosan makan roti isi standar.

Bahan:

500gr ayam

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

10 Cabai merah keriting

2-3 Cabai merah besar

1 buah Terasi udang/bubuk terasi Rempah Indonesiaku secukupnya

Air secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Garam secukupnya

Lada secukupnya

Daun jeruk


Cara Membuat:

  • Rebus ayam hingga matang, lalu dinginkan. Setelah matang, daging ayam disuwir-suwir
  • Potong-potong cabai, bawang merah dan bawang putih.
  • Masukkan potongan cabai, terasi dan bawang dalam blender, tambahkan sedikit air. Blender cabai, terasi dan bawang sampai halus
  • Goreng hasil blender hingga agak matang lalu masukkan ayam suwir
  • Tambahkan garam, lada dan daun jeruk
  • Masak hingga matang. Namun jangan sampai terlalu kering (ini tergantung selera)

    *****

    One response to “Ayam Sambal Matah Bali Si Penyelamat

    1. Pingback: Ayam Sambal Matah Bali Si Penyelamat·

    Leave a Reply

    