Buku Rekomendasi: The Help – Kathryn Stockett

Minggu baru juga bulan baru, topik baru. Kali ini tantangan 15 hari menulis minta saya rekomendasikan buku. 

Saya hampir pilih Honeymoon With My Brother yang tentang pria ditinggal nikah lalu putuskan honeymoon dengan abangnya lalu malah menemukan pencerahan. Tapi buku itu lebih pas untuk yang jomblo. Nggak apa-apa, kalau kebetulan kamu yang baca tulisan ini jomblo, saya rekomendasikan juga novel itu kok.

Saya pilih untuk direkomendasikan ke ibu-ibu adalah novel The Help, oleh Kathryn Stockett. Mungkin banyak yang tahu kalau novel ini sudah difilmkan tahun 2011. Olivia Spencer menang Oscar untuk peran pendukung wanita terbaik karenanya. Selain itu, Emma Stone dan sederet aktris terkenal juga ikut main.

Cerita The Help adalah tentang asisten rumah tangga berkulit hitam, Aibileen dan Minny yang didiskriminasi oleh majikan berkulit putih yang marak di tahun ’60an di Amerika. Kisah mereka lalu ditulis oleh teman majikan-majikan sendiri yang berkulit putih, Eugenia ‘Skeeter’. Nggak gampang buat Eugenia bujuk mereka awalnya karena mereka takut keselamatan mereka terancam.

Perlakuan tak adil pada ART ini bikin miris karena Aibeleen, Minny dan ART lain bekerja merawat anak dan rumah majikan mereka dengan hati dan juga rajin. Yang buat makin miris, ketika mereka dipecat karena hal sepele atau kecurigaan berlebihan adalah perpisahan ART ini dengan anak-anak majikan mereka yang sudah terikat dengan mereka.

Ini juga dialami Eugenia ketika kecil, berpisah dengan pengasuhnya yang berkulit hitam yang ia sangat sayangi. Eugenia ingin masyarakat lebih menghargai para ‘The Help’ ini. Ia juga baru lulus kuliah jurnalistik dan ingin membuktikan diri. Apalagi diantara teman-temannya, cuma dia yang belum menikah.

Kutipan terkenal dari film ini adalah ucapan motivasi dari Aibeleen ke anak yang ia asuh ketika anak itu merasa down:

Sumber: Pinterest

Ada juga ART yang sangat disayang dan diperlakukan baik seperti Minny yang majikan barunya punya pribadi hangat. Majikan Minny diasingkan ibu-ibu sekitar karena suaminya adalah mantan kekasih Ibu yang cukup berkuasa di sana. 
Sebenarnya permasalahan utama cerita novel ini adalah diskriminasi ras. Tapi yang juga disorot adalah ironi ibu rumah tangga yang memperlakukan sewenang-wenang pembantu yang membantu merawat anak mereka dengan kasih sayang. 

Meski Ibu adalah orangtua yang berhak merawat anak termasuk caranya, banyak yang pada kenyataannya terlalu menggantungkan pekerjaannya pada ART lalu memperlakukan mereka semena-mena. Akhirnya mereka juga tidak punya ikatan emosional yang sama dengan anak mereka sendiri dibanding anak mereka dengan si ART. Ibu bisa lupa memberi motivasi pada anak dan justru mengecilkan diri anak tersebut. Si anak justru dapat encouragement atau motivasi dari orang lain, di cerita novel ini, orang yang dibayar untuk mengasuh mereka. Lebih menyakitkan bagi anak ketika lalu si pengasuh diberhentikan.

Ceritanya cukup bikin emosional dan menginspirasi. Intinya agar ikuti kata hati jika ada yang tidak wajar di mata kita, termasuk perlakuan tidak adil orang kepada kita. Tidak ada yang berbeda di antara sesama manusia, tidak perlu ada yang merasa lebih tinggi dan lebih rendah. 

Disini di kacamata anak yang polos, warna kulit dan ras tidak masalah selama ia disayang dan diperlakukan tulus. 

Kalau menurut saya sih bagusan versi buku karena lebih detil. Versi film ada yang sedikit dibumbui. Standard-nya memang buku selalu lebih bagus karena kita punya imajinasi sendiri. Buat ibu-ibu yang senang buku sarat emosi dan punya nilai inspirasi, bisa coba baca buku ini.

Udah ada yang pernah baca novel ini atau nonton filmnya juga?

Advertisements

6 responses to “Buku Rekomendasi: The Help – Kathryn Stockett

  1. Ini film keluarga & anak2 mbak. Anakku cewek2. Udah beberapa kali diputer di TV & kami tetap sembab tiap habis nonton. So touching. Salam kenal ya. Sepertinya aku baru sekali bw kesini 🙂

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s