Hal Yang Tidak Mau Dirubah Dari Diri

instagram.com/andinzki

Kalau ditanya hal apa yang tidak mau dirubah dari diri, mungkin saya jawab ‘punya hati’. Ada kan kata-kata, ‘Saya tak punya hati membiarkan dia begitu‘ atau ‘Hatimu dimana sih?’ Mungkin bisa dibilang ‘simpati’ atau ’empati’ ya. Karena saya rasa sekarang ini orang susah sekali punya hati.

Nggak bisa dibilang saya juga manusia paling berempati sih, ada juga kadarnya dan juga kadang saya masih harus lebih peka. Hanya saya lega atau bersyukur saya masih punya ‘hati’.

Contoh kasus sekarang ini banyak banget ‘bukti’ manusia tak punya hati. Paling gampang lihat di sosmed. Di sosmed sangat gampang beropini nyinyir. Atau yang paling kentara, banyak banget berita ‘menjatuhkan’ di masa Pilkada. Ya memang sih saya juga bisa kebawa kadang-kadang tapi ujung-ujungnya malu. Iya malu, karena bersikap seolah kita sendiri tanpa cela.

Nggak bisa sama sekali disalahkan kalau masa sekarang manusia suka kelihatan seperti ngga punya hati. Karena banyak juga manusia yang memanfaatkan empati orang yang akhirnya menipu dan manipulatif demi uang atau dapetin apa yang mereka mau. Yang ngeri itu kalau lama-lama jadi kebal, alias hatinya mengeras. Kalau sudah begini jadi ibarat zombie atau hatinya batu.

Nah gimana caranya biar hati nggak keras? Ya kalau nanya saya, mendekatkan diri dengan Tuhan. Atau sekali-kali coba melihat keadaan orang yang nggak seberuntung kita. Juga lakukan sesuatu dari hati, bukan demi reputasi atau manfaat lain.

Tulisan ini bagian dari tantangan menulis 15 hari.

Leave a Reply

