Kilas Balik Maret 2020

Wow! Kalau membandingkan aktivitas saya awal tahun (Januari dan Februari) dengan Maret ini, rasanya cuma bisa bilang, “Wow”.

Nggaaak pernah ada pikiran mau ngeblog lagi. Lucunya, karena saya rajin jualan dan follow-follow grup facebook jadi menyulut diri kepengen ngeblog lagi. Dan berani-beraninya langsung ikut One Day One Post. Akhirnya…. kewalahan sendiri 😅😂

Tepatnya minggu ke 3 dan ke 4 saya mulai kerempongan sendiri. Saya juga ada deadline kerja lepas akhir bulan, so .. lumayan deh ya.

Sekarang saya masih ngutang 4 post buat kelarin ODOP. Karena Maret sudah berakhir dan April sudah mulai, bolehlah ya me-review bulan postingan bulan Maret. Tulisan apa yang paling populer nih? Bulan Maret juga mulai meluas wabah Corona, sehingga banyak artikel berhubungan dengan virus itu. Sehingga populer view juga terpengaruh. Ini dia:

5 Tulisan Terpopuler Maret 2020

  1. Sederhana Tapi Ampuh, Lakukan Hal-Hal Ini Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh : Saat ini menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang krusial ditengah hadirnya virus Corona di Indonesia, setelah sebelumnya menyebar dan mematikan ratusan penduduk di China. Selain itu, musim dan cuaca tak menentu bisa berpengaruh ke stamina tubuh. Terutama di akhir tahun dan awal tahun ini, biasanya curah hujan menjadi lebih tinggi. Untuk itu, kita harus persiapkan diri agar kuat menghadapi perubahan cuaca ini. Banyak dari manusia jaman now bergantung dengan obat atau vitamin untuk menunjang stamina dan kesehatan badan. Padahal banyak hal-hal sederhana yang mudah dilakukan agar tetap fit. Hal-hal ini tidak memakan biaya dapat menyehatkan badan. Apa aja?

2. Menemukan Aplikasi Canva, Jatuh Cinta Hingga Buat Kelas Sharing-nya :

Sebelum pakai Canva, aku bisa pakai sampai 3 aplikasi foto dan grafis buat satu konten. Bayangin ribetnya, galeri foto jadi agak banyak karena ada beberapa versi edit. Cukup gak efektif dan memakan waktu. Baru berjalan sebulan-dua bulan sampai aku baru menemukan Canva, aplikasi grafis drag-and-drop yang gampang digunakan. Yang bikin aku jatuh cinta ada banyak banget font, vektor dan foto yang bisa digunakan gratis. Bisa bikin apa aja dari cetak, sosmed dan web. Meskipun ada fitur yang dibatasi karena harus berbayar, tapi Canva masih leluasa digunakan. Bisa diakali juga loh.

3. 4 Tipe Banner Blog Yang Bisa Dibuat di Aplikasi Canva :

Banner blog adalah bagian dari artikel yang nggak bisa diremehkan, lho. Bisa jadi satu hal yang buat orang tertarik dengan artikelmu sebelum dibaca. Jangan juga membuat banner yang berbeda dengan konten artikel atau malah misleading, karena bisa membingungkan pembaca. Atau malah bikin orang yang harusnya baca malah nggak mau baca. Wah, malah jadi salah sasaran. Ternyata setelah ngeblog beberapa tahun, menurut saya ada beberapa tipe banner dan semuanya bisa dibuat di Canva. Apa aja ya?

4. Seri Syar’i : 3 Tipe Gamis Yang Harus Ada di Lemarimu :

Berpakaian syar’i tentunya berarti berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam. Bagaimana tuh yang sesuai syariat Islam? Nah, jangan lupa ayat di kitab suci kita yang menyebutkan ketentuan berhijab:

Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka ….”

(QS. AN-NUUR: 31)

Cukup jelas di ayat An-Nuur itu disebutkan bahwa wanita sebaiknya menutup aurat dan tubuhnya. Karena itu sebaik-baiknya baju yang tidak menampakkan lekuk tubuh, adalah gamis dan kerudung yang menutup dada. Bagi muslimah hal ini sudah jadi pengetahuan dasar. Namun, jika kamu baru mau pakai pakaian syar’i, ada baiknya kamu tahu jenis gamis yang harus ada di lemarimu.

5. 5 Ide Kegiatan Anak Umur 2-3 Tahun Yang Minim Persiapan :

Siapa emak-emak yang suka pusing mikirin kegiatan anak balita? Nggak apa-apa, Ibu-ibu. Percayalah, sampai sekarang saya juga masih suka pusing mikirin kegiatan anak selain dari bermain mainan kesayangannya. Apalagi kalau malah jadi beralih ke layar. Kalau menengok ke belakang waktu si kecil masih umur 1-2 tahun hingga sekarang, saya suka cari inspirasi ke blog atau sosmed tentang kegiatan balita yang bisa ibu siapkan sendiri. Hemat dan bisa buat anak belajar sambil main.

Nah, itu dia 5 tulisan terpopuler bulan Maret di Sunglow Mama. Yang kamu suka yang mana? Terima kasih sudah mampir ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s