4 Ide Habiskan Waktu Saat Karantina #DiRumahAja Plus 3 Aktivitas Keagamaan Yang Bisa Dilakukan

4 Ide Habiskan Waktu Saat Karantina #DiRumahAja Plus 3 Aktivitas Keagamaan Yang Bisa Dilakukan

Nggak kerasa sudah mau sebulan kita terapkan karantina di rumah demi mencegah pandemi Corona meluas. Tentunya ibu-ibu udah melakukan banyak hal ya dengan keluarga demi stay happy di rumah aja, mungkin sudah di fase garing krik, krik? Jangan sampai deh.

Simak 4 Ide habiskan waktu di rumah aja ini:

Mencoba Resep/Minuman Makanan Baru

Mencoba resep makanan atau minuman baru bisa menambahkan semangat ibu dan keluarga yang mungkin penasaran dengan hidangan baru. Lebih oke lagi kalau mau siapkan bersama-sama, jadi lebih kompak. Mungkin ada makanan atau minuman baru yang lagi hits? Seperti Dalgoena Coffie yang lagi tren dicoba.

Mungkin ide ini bukan hal yang aneh juga. Banyak ibu-ibu yang sudah lakukan hal ini dan di-share di sosmed. Saya selalu suka lihatnya karena terasa vibrasi senang dari yang sudah mencoba resep baru.

Saya sendiri udah coba buat bumbu ungkep ayam sendiri dan resep cemilan baru. Maunya sih coba bikin roti ya tapi beloman nih.

Mencoba Hobi Baru/Memulai Lagi Hobi Lama

Dengan catatan aktivitas hobby masih bisa dilakukan saat karantina, ini momen yang pas untuk memulai hobby lagi. Coba libatkan anggota keluarga lain, jadi ada warna baru dalam ber-hobby.

Baca Juga: Aktivitas Yang Berubah Saat #DirumahAja dan Social Distancing

Saya sendiri masih punya peralatan knitting yang gak pernah disentuh-sentuh, huhuhu. Sedang mikir mau diberdayakan peralatannya.

Mengatur Ulang Posisi Perabotan Rumah

Biar rumah terasa ‘baru’, kita selalu bisa mengatur ulang posisi perabotan rumah. Mungkin ada posisi yang lebih sreg buat aktivitas sehari-hari lebih nyaman? Ide ini menurut saya lumayan yahud apalagi jika ada beberapa anggota keluarga di rumah yang bisa bantu, bisa membuat atmosfer rumah beda dan lebih segar. Bisa sekalian jadi momen untuk deep cleaning atau membersihkan total sela-sela rumah.

Menelpon atau Video Call Kontak Lama / Grup Pertemanan

Kangen bersosialisasi? Di era internet ini nggak susah lagi menghubungkan relasi dari jarak jauh walau berbeda pulau dan negara. Kita selalu bisa menelpon kontak lama, bahkan segrup orang menggunakan aplikasi komunikasi.

Jika kita kangen berat dan dekat dengan relasi kita ini, dijamin setelah itu, mood kita langsung segar dan bersemangat kembali.

Aktivitas Keagamaan

Selagi kita di rumah aja, sebaiknya mendekatkan diri pada-Nya sekaligus menenangkan batin yang mungkin galau melihat penyebaran virus Corona dari rumah. Jika dipikirkan lebih dalam, hikmah karantina Corona ini adalah agar kita melupakan sejenak kegiatan duniawi dan melakukan kegiatan agar bisa mendekatkan diri pada-Nya.

Baca Juga: Sederhana Tapi Ampuh, Lakukan Hal Ini Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Ini poin penting: salah satu upaya menjaga stamina agar kuat jika terkena virus adalah menjaga imun tubuh, dan batin yang tenang karena kedekatan kita dan Tawakkal kita pada-Nya bisa membuat rileks. Sehingga hal itu dapat meningkatkan imun tubuh. Maka kegiatan keagamaan itu sangat dianjurkan, alias wajib.

Ada 3 aktivitas keagamaan yang setidaknya bisa kita lakukan dari rumah:

Mengkhatamkan Al Quran

Siapa yang sudah hapal luar dalam Al Qur’an? Saya pun belum khatam-khatam lagi nih. Manfaat membaca Al Qur’an diantaranya mendekatkan hubungan kita dengan Yang Maha Kuasa, menenangkan batin, mempelajari panduan Islam yang benar dan membersihkan hati.

Mendengarkan Kajian Islami Dari Media Internet

Nggak bisa langsung ke kajian untuk mendengarkan ceramah agama, bisa kita ganti dengan mendengarkannya melalui media internet seperti Youtube. Terbukti hal ini bisa menambah ilmu agama kita sekaligus memberikan hati ketenangan.

Melakukan Shalat Berjamaah Atau Aktivitas Keagamaan Bersama-Sama Sekeluarga

Saat karantina #dirumahaja ini jadi momen yang baik sekali buat terapkan aktivitas agama kompak sekeluarga. Diharapkan dengan melakukan ini bisa jadi kebiasaan baru yang positif.

Nah itulah 4 aktivitas dan plus 3 kegiatan keagamaan yang bisa kita lakukan. Jangan sampai waktu terbuang percuma.

Bagaimana menurut ibu-ibu? Ada yang sudah diterapkan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s