Satu hal yang orang nggak mau jaman now adalah ribet. Karena apa? Ribet itu memakan waktu dan energi. Kalau ada yang mudah dan satu paket, kenapa nggak dipakai?
Riset HootSuite Januari 2020 mengatakan, selain Youtube dan Whatsapp, media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Facebook. Semua orang, dari segala umur dan kalangan minimal tahu apa itu Facebook. Kebanyakan orang punya akun Facebook. Orang akan dinilai kudet abis adalah yang nggak tahu Facebook. Makanya nggak aneh kalau pedagang online memiliki toko di Facebook, karena potensinya yang besar.
Saya sendiri memiliki toko di Facebook, Instagram dan juga berjualan via Whatsapp. Tidak mudah menjalankan semua platform sekaligus, terutama jika ada produk baru atau menginformasikan promo dan segala sesuatunya. Jujur, saya butuh wadah agar bisa menampung semua toko itu, agar lebih efektif dan menyeluruh dalam mengelola toko.
Nggak hanya itu. Sebagai pedagang, banyak elemen yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha. Satu hal yang penting dalam menjalankan usaha online adalah kecepatan respon toko. Makanya, punya toko online haruslah anti-ribet dan fast response. Benar lho, menjawab cepat itu potensi penjualannya lebih besar daripada yang lambat, karena pelanggan sedang di momen mencari produk ke toko kita. Kalau kita lagi nggak bisa jawab pesan, pelanggan bisa dengan mudah cari ke toko lain.
Tapi, namanya juga manusia. Nggak mungkin kita selalu pegang toko, nggak juga selalu kita punya asisten yang selalu mendampingi. Maunya kita sih sebagai penjual, semua toko di media sosial teroptimasi. Sayangnya sebagai manusia energi kita terbatas, meski memiliki tim bisa saja ada yang miss atau kelewat. Hal ini yang harus dihindari pebisnis, kelewatan poin penting yang berpotensi untuk penjualan.
Eits, nggak perlu memble atau down dengan keterbatasan ini. Saya baru tahu, ternyata ada lho website e-commerce yang menjawab kebutuhan pedagang online ini. Nggak perlu pakai banyak aplikasi, nggak pakai pusing.
Namanya AVANA, platform social e-commerce yang membantu pedagang online berjualan dengan website dan toko Facebook yang dikelola dalam satu dasbor. Dengan Avana, kita mendapatkan 3 toko, Toko Facebook, Webstore dan Messenger Store.
Ia juga menghubungkan toko anda dengan Whatsapp, E-mail, Line dan Blogspot. Menghubungkan media sosial toko anda dan messenger-nya, jadi lebih mudah mengelola bisnis karena semua sudah all-in-one dalam AVANA.
Penjual dapat mengelola bisnis di media sosial dengan fitur-fitur:
- Manajemen Stok : Melacak dan menyelaraskan stok dan inventaris produk dalam semua medsos sekaligus
- Payment Gateway Information : Sistem pembayaran bisa dengan transfer bank maupun dengan AVA Pay. AVANA mendukung sistem transfer pembayaran hingga 10 Bank.
- Auto PM Reply and Comment : Membalas komentar dan pesan pelanggan secara otomatis
- Messenger Blast : Menginformasikan pesan dan katalog terbaru dengan pelanggan yang memakai Facebook Messenger
Wow, banyak banget ya fasilitasnya. Untuk harga kampanyenya mulai dari Rp 250.000 aja. Baca fitur AVANA lebih lanjut disini.
Langkah yang harus kita lakukan hanyalah membuat akun, membuka toko dan melakukan penjualan di website Avana. Selanjutnya tinggal lengkapi deskripsi toko, koleksi produk dan memilih plus input sistem pembayaran yang digunakan. Saya sudah coba membuat toko di AVANA dalam hitungan menit saja dan merasakan mudahnya membuat toko.
Toko Facebook memang memiliki fitur menambahkan koleksi produk dan pengunjung bisa ‘langsung’ belanja dengan menekan tombol ‘Shop Now’, cuma sayang fitur berikutnya seperti langkah pembayaran hingga check out dan tracking paket produk tidak didukung.
Dengan Avana, pelanggan bisa membayar produk dari toko Facebook kita tanpa meninggalkan toko atau harus menggunakan platform lain. Bahkan, notifikasi proses pembayaran dan pengiriman bisa secara otomatis dikirimkan ke pelanggan. Wah, toko kita otomatis berbau profesional.
Satu hal yang membuat saya tertarik adalah sistem pembayaran AVA Pay, sistem pembayaran AVANA yang memungkinkan customer membayarkan produk dari toko kita hingga produk terkirim, sehingga meminimalisir kekhawatiran customer akan penipuan dan menambah kepercayaan mereka.
Saya suka fitur pesan otomatis AVANA sehingga bisa dengan cepat membalas pesan dan komentar pelanggan, karena kunci penjualan adalah menjawab pelanggan dengan cepat. Dengan begini, pelanggan merasa selalu diperhatikan dan dilayani.
Dan lagi, sudah ada 60.000 Toko Online dibuat di AVANA, lho. Salah satu testimoninya:
“AVANA adalah sistem terbaik yang pernah saya gunakan. Saya telah mencoba Shopify dan toko web lainnya. Saya bisa mengatakan bahwa AVANA adalah yang paling mudah digunakan di antara semuanya dan yang paling utama, AVANA mempunyai sistem Payment Gateway untuk Webstore dan FB Store. Fitur terbaik yang saya suka adalah Messenger Bot yang berfungsi untuk mengendalikan pesan yang masuk diwaktu sibuk. Ia banyak membantu dan mengurangkan beban tugas saya sebanyak 50%.”
Arnold Neo
Founder of Key It Simple
“AVANA memberi kami situs web terbaik yang mudah digunakan dan terintegrasi dengan Facebook dan Messenger. AVANA memudahkan kami untuk memantau pelanggan dan catatan penjualan kami, database pelanggan itu sendiri dapat berguna bagi kami di masa mendatang.”
Afiq Ikhwan
Funthera
Well, jangan buang waktu anda lagi kerepotan mengurus berbagai media sosial toko dan menjawab pesan pelanggan. Waktu terus berjalan dan selagi berjalan, banyak juga hal bermanfaat yang bisa dilakukan demi hidup yang lebih berkualitas.
Masih ragu? Tenang, kita bisa mencoba GRATIS 14 Hari jadi bisa test drive dulu. Bulan April ini ada potongan voucher paket Rp 100.000, lho. Rasakan manfaat dan keuntungan menggunakan AVANA dengan berbagai fiturnya.
Bye-bye repot, so long ribet. Gunakan AVANA.
Bagus nih. Makin banyak sekarang aplikasi yang mempermudah orang-orang utk berjualan online. Memang zaman sudah berkembang pesat, olshop saat ini menjadi pilihan utama ketimbang belanja2 di toko, ke toko paling sekedar cuci mata.
LikeLike
Iya. Sekarang banyak wadah berjualan yang berlomba menarik penjual membuka lapak, tinggal cari yang pas. Avana sepertinya menjanjikan, soalnya sampai urus pengiriman juga
LikeLike
Keren ya Mbak Avana. Saya punya fanspage untuk toko online saya. Tapi sekarang kurang terurus. Sudah lama juga sih memang jualan onlinenya. Sepertinya bisa jadi pilihan nih untuk memperbaiki sistem penjualan, dengan Avana.
LikeLike
Wah mba dulu jualan apa. Bisa dicoba gratis Avana 14 hari
LikeLike
setuju bangeeetttt, Avana oh nana , eh salah,,
Saya selalu jadi pengen nyanyi setiap kali baca Avana, saking excitednya dengan platform yang anti ribet kayak gini.
Saya jadi ingat, dulu sibuk utak atik gini gitu di FP biar bisa aktifkan fitur ini itu.
Ribet dan ngabisin waktu.
Sekarang mah enak banget udah ada Avana 🙂
LikeLike
Oh ya mba, lagu apa itu ya? Hehe. Mba buat fans page untuk apa?
LikeLike
Dulu saya bisnis Oriflame, pertama kalinya tahu bikin fanpage dan utak atik fiturnya ya karena bisnis itu hihihi.
Sayangnya dulu belum kenal Avana, karena pakai Avana ini juga pas banget nih buat follow up jualan maupun bisnisnya 🙂
LikeLike
Kalau pakai AVANA, semua keribetan dagang online bisa banget diminimalisir ya Mba.
Kece banget dah, karena mengintegrasikan semua platform socmed juga
LikeLike
Iya dia bisa ambil gambar dari social media kita. Terus bisa post ke platform lain juga.
LikeLike
Kayaknya kalau saya masih jualan online kayak dulu mending pakai Avana. Sepertinya bakal lebih praktis dan memudahkan, ya
LikeLike
Wah ada byk yg ulas ttg Avana ya, jadi makin penasaran buat nyoba… Tapi sy enggak bisa dagang. Mau promo buku solo perdana Aja malu-malu. Smg sy semakin PD ya Mbak biar bisa cobain Avana.
LikeLike
Wah mba, gak usah malu. Coba aja dulu 🙂
LikeLike
Jualan apa mba dulu? Wah iya insya Allah lebih memudahkan pakai avana
LikeLike
Ini memudahkan penjual dan pembeli ya dengan sistem yang terintegrasi dengan berbagai sosial media. Juga sistem pembayarannya bisa bikin kita merasa aman.
LikeLike
Iya. Senang deh ada wadah yang membantu penjual berbisnis
LikeLike
Jadi makin mudah ya bisnis online bersama avana, simpel!
LikeLike
Insya Allah. Yay
LikeLike
Aku tahu Avana ini dari temenku juga nih mba. Memudahkan banget yaa, pakainya pun ga ribet, penjual dan pembeli makin manja deh yaa alias ga perlu effort banyak buat dunia usaha sekarang. Pakai Avana apa-apa jadi mudah
LikeLike
Insya Allah ya. Mungkin manja itu kata yang pas juga karena hampir semua diurusin ya
LikeLike
Praktis emang ya kalau jadi 1 gini, jadi bisa menjangkau semua pelanggan apapun platformnya. Avana menjawab kegundahan para bisniswoman nih
LikeLike
Iya mbak. Seneng kalo dimudahin gini kan
LikeLike
Noted. Kalo mau buka toko online bisa pertimbangkan pakai avana juga nih…
LikeLike
Siip semoga jadi pertimbangan ya
LikeLike
Ah kereennn bener ini Avana. Nanti kalo udah mulai dagang lagi, saya mau cobain ahhh…
LikeLike
Iya mbak. Mbak mau dagang apa?
LikeLike
Wah semoga dengan avana, semangat dan rasa trauma saya jualan online bisa teratasi. Boleh lah, nanti dicoba. Penasaran soalnya dengan avana
LikeLike
Kenapa trauma mba? Alhamdulillah bikin penasaran ya
LikeLike
Avana memang praktis bagi pebisnis online yang nggak ingin report-report membangun webnya menjadi tampilam woocomerce, karena nggak mudah. dna kita mungkin perlu mneyewa orang yang ahli untuk membuat ini.
Tapi itulah, Avana mengetahui kebutuhan kita, kita hanya perlu mengisi data sesuai yang ada di sana, dan tentunya membayar sewa.
LikeLiked by 1 person
Iya mbak, memang servis bagus ada imbalannya. Insya Allah sesuai dengan yang diharapkan pebisnis ya
LikeLike
Info yang bermanfaat. Jadi mudah kalo mau buka usaha online gitu. Memang pada akhirnya semua akan serba digital 😀
LikeLike
Betul. Semua beralih ke digital sekarang
LikeLike
Wah patut di coba nie AVANA agar nggak ribet dalam berjualan online, terkadang memang ribet betul pas kita memasarkan barang di fb pas banyak yg nanya tapi kitanya sibuk nggak sempat lihat fb, jadinya pelanggan lari hehe
LikeLike
Betul. Dengan menghubungkan toko FB ke chat whatsapp bisa langsung tahu ada komen pelanggan
LikeLike
Sama aja dengan di offline store gitu ya kak. Kalau penjualnya gesit * fast respon* gitu jadi suka. Kalau lelet pembeli keburu pindah ke toko lain.
LikeLike
Dia jadi ada stok inventarisnya dan diurus hingga pengiriman. Iya, kunci jualan online respon harus cepat
LikeLike
Jadi pengen punya usaha atau bisnis online nih abis baca artikel tentang Avana. Kalau semuanya serba dimudahkan, bisnis juga bisa berjalan dengan lancar.
LikeLike
Aamiin. Alhamdulillah membuat mba ingin mulai usaha, siapa tahu bawa berkah
LikeLike
Betul banget, mbak. Pelanggan itu memang mencari toko yang cepet banget responnya. Karena kalau lama nunggu respon dari toko, pelanggan bakal pindah ke toko lain yg lebih fast respon. Persaingan bisnis online jaman sekarang
LikeLike
Iya. Namanya online, gak tatap muka tapi respon kudu cepat
LikeLike
Pakai Avana jadi lebih praktis dan memudahkan ya buat jualan online. Bagus juga ya, Avana. Coba pas dulu jualan online saya kenal Avana, mungkin akan terbantu sekali
LikeLike
Mungkin ya mba. Dulu jualan apa mba?
LikeLike
Avana sangat membantu para penjual online untuk promosi ya, sehingga bisnisnya akan smakin berkembang
LikeLike
Iya, kalau dilihat dari sederet fiturnya membantu sekali
LikeLike
Keren ya Avana tuh. Sayang sudah lama gak jualan online lagi nih. Btw note deh. Nice info Mba
LikeLike
Makasih mba
LikeLike
Bagus nih e-commerce nya bisa memudahkan para penjual online. Apalagi yang repot, kayak freelancer atau ibu rumah tangga yang akan buka usaha online bisa pakai e-commerce ini.
LikeLike
Next time kl saya buka online shop lagi insyaallah pakai Avana ah, scr praktis banget kan bagi seller jd gak pusing musti handle smua-muanya. Bs fokus ke barangnya.
LikeLike
Aku mau pelajarin Avana aah barangkali bisa jadi tambahan rezeki kalau jualan lewat Avana hehehe
LikeLiked by 1 person
Asik banget nih, kalo aplikasi olshop bisa juga koneksi dan ngelola facebook jualan sekalian. Gimanapun, sekarang jualan itu salah satu market terbesar letaknya juga di sosial media
Makasih infonya mbaaa
LikeLike
tertarik banget buat bisa jualan di Avana ini kak, karena memang saat ini bisnis online lagi digandrungi banget, apalagi di masa-masa pandemic ini, untuk bisa dapetin penghasilan tambahan ya
LikeLike
Jadi makin tertarik untuk gabung juga deh. Kebetulan saya marketer online juga. Makasih infonya mbak☺️🙏
LikeLike
Media sosial tuh masih menjanjikan banget untuk dijadikan lapak jualan. Kita tinggal pakai Avana untuk mengintegrasikan penjualan ke berbagai akun media sosial yang kita punya. Praktis dan enggak ribet, kita hanya tinggal upload foto produk saja.
LikeLike
Ini oke banget nih. Bolehlah jadi salah satu cara buat jualan lagi.
LikeLike
Avana Ok juga nih. Jadi tertarik ingin ikut gabung.
Usaha online saat ini memang bisa jadi pilihan untuk terus berhasil guna meski para ibu melakukan aktivitasnya di rumah.
LikeLike
Bisa berkarya dari rumah dengan memanfaatkan medsos dan avana menjadi hal yang menarik dilakukan. Kuy ah, daripada gabut
LikeLike
Aplikasi yang sangat membantu nih buat pelaku bisnis, semoga usahanya lancar ya mbak. Amin
LikeLike
Wah keren donk ya mba. Dengan adanya AVANA ini semakin memudahkan penjual online. Saya dulu juga jualan dan sekarang gak jualan lagi karena keteteran waktunya… Coba dulu ada AVANA yaa saya gak akan keteteran deh… Atau, apa saya mulai jualan lagi ya?? Duh, godaan nih hihihi
LikeLike
Mm, jadi penasaran dengan Avana. Tadi hampir kepeleset dengan merk mobil itu hihihi…
Kebetulan, aku punya toko di matketplace FB, mungkin bisa diapgred dengan Avana, yaa. Mau coba cari tau dulu, ahh
LikeLiked by 1 person
Avana memberikan kemudahan buat orang-orang yang memimpikan punya toko online tapi gaptek. Sukses terus buat Avana
LikeLike